Wonosari Bakal Ditata Kembali

Editor: Ivan Aditya

GUNUNGKIDUL, KRJOGJA.com – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul tengah merancang Detail Engineering Design (DED) untuk rencana penataan kawasan Kota Wonosari. Dalam pembahasan awal, mulai dari jalan nasional pada ruas Jalan Siyono hingga titik 0 kilometer Wonosari mendapat prioritas untuk penataan.Tujuan penataan agar kawasan lebih tertata dan ke depan dapat memperlancar arus lalu lintas.

“Dengan penataan kawasan Kota Wonosari sekaligus merupakan bentuk kesiapan dalam menyambut wisatawan ke Gunungkidul,” kata Kepala Bidang Bina Marga, DPUPR-KP Gunungkidul, Setyo Kordijanto.

Adapun pada DED ini masih terus disempurnakan agar lebih matang dengan skala prioritas. Rencananya dalam pembangunan mendatang, di tengah-tengah jalan akan dibangun sebuah taman memanjang dari Jalan Siyono sampai ke Alun-alun kemudian di tengah taman ditanami tumbuhan perindang kawasan.

Adapun yang terkait dengan anggaran pembangunan dan penataan akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkab Gunungkidul. Mengingat, ruas jalan tersebut sudah dilimpahkan kembali ke pemerintah kabupaten.

“Saat ini masih dilakukan pembahasan tentunya harus disesuaikan dengan anggaran dan bagaimana progress ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Dearah Kabupaten Gunungkidul, Drajad Ruswandono membenarkan adanya rencana penataan kawasan Kota Wonosari tersebut. Penataan untuk memperindah wajah kota sehingga memberikan kesan lebih nyaman dan tertata.

Selain itu, rencana ini juga tidak lepas dari rencana pembuatan gedung pemerintahan secara terpadu dan terpusat sehingga nantinya jika rencana ini telah terealisasi akan lebih meyakinkan kembali pesona Gunungkidul yang lebih tertata. (Bmp)

BERITA REKOMENDASI