Wujudkan Wisata Ramah Lingkungan, Sabtu Ini Tim KKN UGM ‘Resik Pindul’

YOGYA, KRJOGJA.com – Tim KKN UGM Karangmojo A akan menyelenggarakan 'Resik Pindul'' di Goa Pindul, Desa Bejiharjo, Karagmojo Gunung Kidul, Sabtu (3/08/2019). Kegiatan yang berlangsung pukul 08.00-12.00 WIB ini dilatar belakangi kepedulian mahasiswa tentang pengelolaan wisata yang ramah lingkungan.

"Kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan pengelola wisata dan masyarakat pengunjung untuk lebih memperhatikan kegiatan wisata berwawasan lingkungan, lebih khususnya permasalahan sampah," kata Sie Acara Rafif Naufal Dani dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com, Jumat (2/8/2019).

Lebih lanjut dikemukakan Rafif, Resik Pindul terdiri dari beberapa kegiatan yang bersifat mendidik dan partisipatif. Bentuk kegiatan Resik Pindul meliputi; Photo Competition di lokasi wisata Goa Pindul dengan total hadiah voucher GoPay sebesar Rp 100.000,00, Fun Quiz tentang Goa Pindul dengan hadiah tumbler dan totebag.

Juga ada penukaran sampah dengan bamboo straw, kampanye lingkungan hidup, hiburan musik akustik, serta aksi pungut sampah di wilayah kerja pindul. Seluruh kegiatan tersebut terbuka untuk umum bagi pengunjung Goa Pindul.

Sebelum dilakukan agenda Resik Pindul ini, tim KKN PPM UGM Karangmojo A telah melakukan kampanye wisata ramah lingkungan pada tanggal 31 Juli 2019 sampai dengan 1 Agustus 2019 dengan melakukan pengadaan tempat sampah pilah di lokasi wisata. Juga penyerahan poster ramah lingkungan dan pemberian sedotan stainless straw serta totebag kepada pedagang.

"Pedagang memegang peran penting dalam keberlangsungan kegiatan wisata, karena itu pendidikan kepada pedagang menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan kawasan wisata ramah lingkungan dan peduli pada sampah," kata Rafif.

Kegiatan Resik Pindul ini mendapat dukungan dari Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) UGM melalui Program Education for Sustainable Development, Waste Refinery Center FT UGM, Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Teknik UGM, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Bejiharjo, Pokdarwis,  serta berbagai media partners. (*)

 

 

BERITA REKOMENDASI