YAKKUM-Dinkes Dorong Terbentuknya Kalurahan Sehat

Editor: Ary B Prass

WONOSARI, KRJOGJA.com – Pusat Rehabilitasi YAKKUM bekerjasama dengan Dinas Kesheatan (Dinkes) Gunungkidul menyelanggarakan Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No 61 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Kalurahan Sehat di aula Hotel Cykaraya Wonosari. Melalui program ini diharapkan mampu mengintegrasikan upaya pelayanan kesehatan jiwa yang dilaksanakan lintas program dan sektor, baik pemerintah , masyarakat maupun swasta.

“Program ini bagian dari advokasi orang dengan disabilitas psikososial yang bertujuan untuk memobilisasi dukungan para pihak dan masyarakat. Dalam menciptakan lingkungan yang lebih inklusif. Mengawal gerakan kesadaran kolektif terciptanya kebijakan kesehatan jiwa lain di masyarakat,” kata Proyek Manager Kesehatan Jiwa Berbasis Masyarakat YAKKUM  Siswaningtyas,  Jumat (08/10/2021).

Kegiatan dihadiri Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawati, Sekretaris Dinkes Priyanta Madya Satmaka Mkes, Sekretaris Dinas PemberdayaanPerempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) M Farkhan MAP  dan organisasi perangkat daerah lintas sektoral. Kepala Dinkes Gunungkidul dr Dewi Irawati menambahkan, pemerintah memberikan kemudahan akses kesehatan masyarakat. Harapannya dengan adanya perbup ini kalurahan sehat dapat dijalankan dengan lebih baik. Serta dapat mengurangi penyakit di masyarakat. Termasuk gejala yang diderita ODGJ, karena butuh dukungan seluruh lapisan dan masyarakat.

“Penyelenggara pengembangan rehabilitasi berbasis masyarakat tidak hanya layanan dasar. Termasuk hal baru bagaimana disabilitas dan kesehatan jiwa menjadi satu fokus. Perbup ini mewadahi organisasi perangkat daerah untuk mensosialisasikan ke kalurahan. Sehingga dapat diimplementasikan di lapangan,” jelasnya. (Ded)

BERITA REKOMENDASI