Yayasan GPC Bantu Bedah Rumah Warga di Semin

WONOSARI, KRJOGJA.com – Membantu warga yang tinggal di rumah tak layak guni, Yayasan Gerakan Pemuda Cerdas (GPC) membedah rumah milik Wakinem warga Karanggumuk, Kemejing, Semin, Senin (23/9). Kondisi rumah mbah Wakinem sangat memperihatinkan, bahkan hanya berukuran sangat sempit dan tidak layak huni. 

"GPC memberikan bantuan dana Rp 10 juta untuk membedah rumah. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi berkah,” kata Ketua Yayasan GPC Syarif Gusta Laksana SH usai menyerahkan bantuan  bedah rumah. Kegiatan GPC dihadiri Anggota Fraksi Golkar DPRD Gunungkidul Gunawan SE, Kapolsek Semin AKP Haryanta, Sekcam Semin Ny Agus Sri Suhartini, Sekdes Wisti Agita Putrantia, dan Dukuh Karanggumuk Muginur.  

Gunawan SE menambahkan, program GPC ini diharapkan memberikan manfaat bagi penerima. Karena memang mbah Wakinem tempat tinggalnya tidak layak. Nantinya juga akan dibantu untuk proses pembangunan rumah, agar benar-benar layak untuk dijadikan tempat tinggal. “ Proses pengerjaan bedah rumah akan didukung, sehingga berjalan lancar,” imbuhnya.

Sedangkan Sekcam Semin Ny Agus Sri Suhartini menuturkan, pemerintah  memberikan apresiasi kepada GPC yang peduli terhadap warga. Sehingga nantinya tentu akan meningkatkan taraf hidup dengan tempat tinggal yang lebih baik.  Karena memang ternyata masih ada warga yang tinggal di rumah yang tidak layak huni. Tentunya bantuan berupa uang maupun tenaga kerja nantinya akan dapat menjadikan rumah Wakinem lebih layak untuk dijadikan tempat tinggal. "Pemerintah kecamatan menyampaikan terimakasih atas kepedulian GPC terhadap warga di Semin. Karena sebelumnya GPC juga telah membantu untuk penyandang disabilitas di Semin," ujarnya.

Kondisi rumah tinggal Wakinem di Dusun Karanggumuk ini memang sangat memperihatinkan. Hanya berukuran dua kali enam meter. Bahkan  tinggal sebatang kara. Rumahnya pun sederhana dan hanya terbuat dari bambu, sebagian ditutup menggunakan terpal. Hanya dapat ditemui dua ruangan, yakni tempat tidur yang sangat tidak layak dan dapur yang jaraknya cukup berdekatan. “ Warga di sini tetap memberikan perhatian kepada Wakinem, karena merupakan warga yang tinggal sebatang kara,” ujar  Muginur dukuh setempat.

Selain membantu Bedah Rumah di Semin, K etua Yayasan GPC Syarif Guska Laksana kemarin juga  menyerahkan bantuan untuk pembangunan sumur irigasi di Desa Pilangsari, Kecamatan  Nglipar Gunungkidul. Bantuan tersebut diterima oleh Supomo mewakili kelompok tani. Bantuan untuk pembangunan sumur iriigasi ini diharapkan dapat membantu para petani nantinya dalam pengolahan lahan pertanian. Sehingga tentu akan meningkatkan produksi dan kesejahteraan para petani.  (Ded)

BERITA REKOMENDASI