Gus Miftah Bikin Pecah Nuzululqur’an di UNU

YOGYA, KRJOGJA.com – Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta menggelar peringatan Nuzululqur’an 1443 Hijriah di Kampus UNU Yogyakarta di Lowanu, Kota Yogyakarta, Rabu (20/04/2022) malam. Ajang ini berlangsung meriah sekaligus penuh hikmah oleh istigasah dan ceramah pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah).

Gaya Gus Miftah yang santai dan penuh canda ‘bikin pecah’ acara, namun tetap kaya hikmah. Dalam ceramahnya Gus Miftah mengajak jemaah untuk bersahabat dengan orang-orang yang mengajak kebaikan dan bersedia dekat dengan kita di kala senang dan susah. “Jangan bersahabat dengan orang yang tak membuat kita giat dan trengginas, bersahabatlah dengan orang yang membuat kita dekat dengan Allah,” tuturnya.

Di hadapan para mahasiswa yang antusias mengikuti ceramah hingga tengah malam, Gus Miftah pun mengingat pengalamannya di masa muda. Setengah berkelakar, ia menyebut perbedaan antara teman, pacar, dan sahabat.

“Teman itu seribu orang yang datang saat kita senang. Pacar itu satu orang yang membuat kita melupakan seribu orang itu, sedangkan sahabat itu satu orang yang bertahan saat 1001 orang itu meninggalkan anda,” selorohnnya disambut tawa hadirin.

Gus Miftah menegaskan sahabat terbaik itu siapapun yang selalu menunjukkan kita pada kebaikan dan tak hanya dekat karena kepentingan. “Sahabat itu ibarat mata dan tangan. Saat mata menangis tangan mengusap dan saat tangan terluka mata menangis,” katanya.

BERITA REKOMENDASI