Hadapi Gelombang Mudik, Jangan Sepelekan Aspek Kesehatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kota Yogya diprediksi akan menghadapi gelombang pemudik pada libur Lebaran tahun ini. Kendati pertumbuhan kasus Covid-19 sudah melandai dan cenderung terus mengalami penurunan namun aspek kesehatan tetap tidak boleh disepelekan. Pemerintah harus melakukan sejumlah langkah antisipasi supaya momentum libur Lebaran tidak berdampak pada peningkatan kasus Covid-19.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta Dwi Saryono, menjelaskan beberapa tempat yang kerap disinggahi pemudik atau wisatawan tak boleh lepas dari pengawasan. “Misal di terminal penumpang, tempat wisata, ruang publik, kawasan pusat belanja dan lainnya itu perlu ada layanan kesehatan. Pengawasan terhadap protokol kesehatan harus diperhatikan betul,” jelasnya.

Layanan kesehatan di tempat-tempat strategis tersebut sekaligus menjadi upaya skrining atau deteksi dini. Pengunjung di kawasan itu dilakukan sampel acak untuk pemeriksaan tes Covid-19. Mana kala ada temuan hasil positif, maka dapat langsung ditindaklanjuti dengan swab tes di tempat. Hal itu sudah menjadi standar operasional untuk menutup celah potensi penularan virus corona.

Ketua Komisi D ini juga meyakini, kepedulian masyarakat terkait masalah kesehatan sudah cukup tinggi. Termasuk persyaratan vaksinasi hingga dosis penguat atau booster, sudah bisa dipenuhi. Akan tetapi akses vaksin booster di Kota Yogya tetap harus diberikan bagi siapa pun. “Selama mudik Lebaran jangan sampai meninggalkan penyakit bagi keluarga dan warga yang ditemuinya. Makanya vaksin dosis ketiga harus dilakukan sebelum mudik,” katanya.

Dwi Saryono berharap, momentum libur Lebaran yang cukup panjang mampu menjadi pendorong stabilitas ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi. Setelah itu pun tidak lantas diikuti dengan lonjakan kasus Covid-19 seperti tahun-tahun sebelumnya. “Wisatawan pasti akan membludak dan kita sudah memiliki pengalaman adanya lonjakan kasus usai libur panjang. Semoga dengan tingginya capaian vaksinasi serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, Lebaran ini mampu aman, nyaman dan tetap sehat,” urainya.(Dhi)

BERITA REKOMENDASI