Haedar: Negara Tak Boleh Melanggar HAM

YOGYA, KRJOGJA.com – masih ada berbagai kelemahan dalam praktik meneggakan Hak Asasi Manusia (HAM) di Republik tercinta Indonesia. Sehingga menjadi kewajiban bersama kita bagaimana HAM baik yang bersifat universal maupun yang telah menjadi komitmen konstitusional dalam Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 diwujudkan di dalam kehidupan kita sebagai bangsa.

Negara juga harus tetap menghormati dan terus meningkatkan berbagai jaminan konstitusional agar setiap warga negara sebagaimana dijamin konstitusi dapat hidup sesuai dengan prinsip HAM. Sehingga siapapun di Republik ini termasuk negara tidak boleh melanggar HAM dan merugikan HAM.

“Keadaban, keadilan, etika, kemulian hidup dan nilai-nilai luhur yang ada dalam agama yang hidup di negeri ini dalam Pancasila dan kehidupan luhur bangsa harus menjadi pembingkai kita menegakkan HAM,” tandas Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir mengemukakan hal tersebut pada media di Kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro, Kamis (10/12/2020), dalam memringati Hari HAM se-Dunia.

BERITA REKOMENDASI