Hari Toleransi Internasional: Kanwil Kemenag Sosialisasikan Peta Jalan Penguatan Moderasi Beragama

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Bertepatan dengan Hari Toleransi Internasional (International Day of Tolerance) pada Selasa (16/11/2021), Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY menggelar Sosialisasi Peta Jalan Penguatan Moderasi Beragama (PMB) Tahun 2020-2024.
Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil Dr Masmin Afif menegaskan seluruh ASN Kemenag wajib mengawal konsep Moderasi Beragama. “Setelah kami mengikuti Diklat Moderasi Beragama pada 7-11 November 2021 lalu, maka wajib untuk melakukan sosialisasi kepada seluruh pejabat Kemenag DIY dan peningkatan moderasi beragama bagi para penyuluh agama (baik PNS maupun Non-PNS) akan menjadi program prioritas,’ tandasnya.
Menurut Kakanwil, ada tiga tantangan dalam urgensi moderasi beragama. “Pertama, berkembangnya cara pandang, sikap dan praktik beragama yang berlebihan (ekstrem), yang mengesampingkan martabat kemanusiaan; kedua, berkembangnya klaim kebenaran subyektif dan pemaksaan kehendak atas tafsir agama serta pengaruh kepentingan ekonomi dan politik berpotensi memicu konflik dan ketiga berkembangnya semangat beragama yang tidak selaras dengan kecintaan berbangsa dalam bingkai NKRI,” urainya.
Sebelumnya, Kabag Tata Usaha Arief Gunadi selaku moderator menyebut jika Kanwil Kemenag DIY bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) baru saja meluncurkan buku FKUB DIY Mengembangkan Moderasi Beragama, Merawat Kerukunan: Dari Gagasan Hingga Praktik. “Hal ini tentu menjadi salah satu upaya memperkuat Moderasi Beragama di tengah masyarakat,” ujar Arief.
Buku tersebut merupakan bunga rampai berisi tulisan dari 32 anggota FKUB, baik FKUB DIY maupun dari 5 FKUB Kabupaten/Kota yang ada di DIY. (Feb)

BERITA REKOMENDASI