Hingga 2021, Pemkot Yogya Tunda Pembangunan RTHP

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemkot Yogya masih akan melakukan penundaan pembangunan ruang terbuka hijau publik (RTHP) hingga tahun depan. Meski demikian, kegiatan itu masih bisa diusulkan melalui perubahan anggaran jika kemampuan keuangan pemerintah memungkinkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya Sugeng Darmanto, mengungkapkan tahun ini pihaknya sudah menunda pembangunan RTHP di dua lokasi yakni Kelurahan Rejowinangun dan Purbayan.

“Penundaan tahun ini karena waktu itu ada realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19. Saat pembahasan RAPBD 2021 juga tidak masuk dalam pokok bahasan karena anggaran tahun depan masih fokus untuk pemulihan ekonomi,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Meski pembangunan RTHP terjadi penundaan namun pengadaan lahannya tetap berjalan. Bahkan pada perubahan anggaran tahun ini Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispetaru) mengalokasikan pengadaan lahan di delapan lokasi. Lima lahan di antaranya untuk kepentingan RTHP yakni di wilayah Kelurahan Sorosutan, Ngampilan, Pakuncen, Prenggan, dan Sosromenduran.

BERITA REKOMENDASI