Hujan Deras Disertai Angin Kencang Landa Yogya

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com– Berdasarkan hasil pengamatan curah hujan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Mlati Sleman, wilayah DIY dalam beberapa hari ini menunjukkan umumnya rata rata hujan harian mencapai diatas 50 mm/hari atau kategori lebat.

Anatan tersebut tidak meleset, sebab wilayah Yogyakarta Jumat (19/11/2021) diterpa hujan lebat diserti angin kencang, sehingga sejumlah pohontumbang dan menimpa beberapa unit mobil. Di area Bioskop XXI Empire Jl Urip Sumoharjo, pohon trembesi tumbang menimpa mobil Honda Brio bernomor polisi AB 1621 VZ yang tengah terparkir.

Di Jl Kusbini, Pengok, area Balai Yasa Jogja, sebatang pohon dengan keliling sekira 2 meter dan tinggi 15 meter menimpa pagar sampai menutup jalan. Sementara di Jl Lempuyangan tepatnya di depan Stasiun Lempuyangan, sebatang pohon waru tumbang juga menimpa satu mobil Toyota Ayla bernopol W 1073 VE yang tengah terparkir. Meski demikian, dipastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Total ada empat unit mobil yang tertimpa. Tiga jenis city car dan satu lagi pikap. Di Lempuyangan ada dua titik, selain menimpa mobil juga menimpa warung yang berada di pinggir jalan. Petugas gabungan beserta unsur polisi dan TNI serta personel kampung tangguh bencana sudah melakukan sterilisasi dan pembersihan di area terdampak. Mobil dan warung yang tertimpa juga telah dievakuasi.

“Hujan lebat yang terjadi dalam beberapa hari ini diperkuat dengan kondisi atmosfer dan laut. Seperti adanya belokan dan pertemuan angin diatas wilayah Yogyakarta, akibat adanya beberapa tekanan rendah atau low pressure di sekitar wilayah Indonesia,” ungkap Etik Setyaningrum selaku Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun klimatologi Sleman, Jumat (19/11/2021).

 

BERITA REKOMENDASI