Ibadah Umrah Dibuka, Pengusaha Travel DIY Diminta Berhati-Hati

YOGYA, KRJOGJA.com – Pengusaha biro perjalanan, khususnya yang bergerak di program umrah dan haji di DIY justru diminta lebih berhati-hati dengan Arab Saudi kembali mengizinkan jamaah dalam negeri untuk melakukan ibadah umrah mulai 4 Oktober 2020 dan dari luar negeri pada 1 November 2020. Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menutup layanan ibadah umrah sejak Maret akibat pandemi Covid-19 melanda dunia.

Ketua DPD Asita DIY Hery Setyawan mengatakan umrah merupakan outbound atau perjalanan wisata yang dilakukan wisatawan asal Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negri sehingga pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemerintah setempat. Meskipun layanan ibadah umrah telah dibuka tetapi ada pembatasan calon jamaah yang diperbolehkan berusia 18 tahun hingga 50 tahun.

“Dengan persyaratan itupun kita sudah selesai semuanya. Hal ini menggambarkan belum waktunya memulai layanan umrah, sekarang tour leader atau calon jamaah umrah yang berangkat kesana umurnya rata-rata 51 tahun ke atas, artinya belum waktunya dan belum bisa diharapkan. Masih sangat berbahaya karena peraturannya masih sangat sering berubah.” tutur Hery, Rabu (4/11/2020).

BERITA REKOMENDASI