Ini Alasan DIY Tak Bangun Rumah Sakit Lapangan Meski Kasus Covid Tinggi

YOGYA, KRJOGJA.com – Jumlah kasus positif Covid aktif DIY tercatat berjumlah 4.790 orang per Senin (11/1/2021). Fasilitas pelayanan kesehatan pun mulai kewalahan dengan situasi tersebut, apalagi jumlah tempat tidur kritikal menyisakan 21 dan non kritikal 58 saja.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan sampai saat ini pihaknya belum memutuskan untuk membangun rumah sakit lapangan seperti yang sudah dilakukan daerah lain dengan kasus besar. Menurut Pembajun, DIY masih berupaya mendorong rumah sakit rujukan yang ada untuk menambah kapasitas bed untuk pasien Covid.

“Persoalannya itu ada pada SDM. Kita mau buat rumah sakit lapangan itu mudah, beli peralatannya ada semua. Kita juga punya rumah sakit kolaps bisa dimanfaatkan untuk rumah sakit lapangan, tapi kita kesulitan pada SDM yang berkompeten untuk rumah sakit itu. Fresh graduate memang siap, tapi untuk mengelola rumah sakit itu butuh dokter berpengalaman, hanya sedikit yang mau mobile,” ungkap Pembajun pada wartawan, Senin (11/1/2021).

BERITA REKOMENDASI