Intensitas Hujan Naik, Desember Angin Barat Mulai Menguat

YOGYA, KRJOGJA.com – Intensitas hujan di wilayah DIY diprediksikan akan mengalami kenaikan pada bulan Desember. Hal itu dikarenakan pada bulan Desember angin baratan mulai menguat serta didukung dengan adanya fenomena La nina (kategori moderat).

Dengan adanya interaksi dari keduanya, maka diprediksi intensitas dan freukensi hujan di wilayah DIY akan meningkat pada Desember. Adanya kondisi ini perlu diimbangi dengan peningkatan kesadaran masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana, seperti banjir dan tanah longsor.

“Secara historis munculnya la nina di musim hujan akan meningkatkan penambahan hujan sekitar 20 persen sampai 40 persen dari kondisi normalnya. Potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih akan berpotensi muncul diwilayah DIY. Untuk itu kami tidak pernah bosan untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman, Etik Setyaningrum MSi di Yogyakarta, Sabtu (5/12/2020) malam.

BERITA REKOMENDASI