Isu Vaksin Berbayar untuk Pekerja DIY, Dewan: Jangan Sampai Terjadi!

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Isu vaksinasi berbayar Rp 35 ribu untuk pekerja di DIY mencuat hebat di kalangan buruh. DPRD DIY pun menegaskan hal tersebut tak boleh terjadi karena vaksinasi jelas diamanatkan gratis untuk seluruh rakyat Indonesia.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DIY, Rani Widayati, mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan dan memastikan bahwa vaksin disediakan gratis oleh negara. Hal tersebut mengunang konsekuensi bahwa tak dibenarkan menghimpun dana dalam bentuk apapun untuk rakyat yang hendak mengikuti vaksinasi sebagai upaya percepatan penanganan pandemi Covid-19.

“Di sini memang penyelenggara menyediakan sendiri penunjang penyelenggaraannya. Namun jangan sampai kemudian biaya itu dibebankan pada pekerja. Jangan sampai itu terjadi, apalagi saat ini sudah masa yang sulit untuk warga, jangan sampai kemudian untuk vaksin saja harus bayar. Apapun itu tak dibenarkan buruh ditarik apapun alasannya terkait pemberian vaksinasi, karena vaksinasi itu adalah gratis,” tegas Rani, Senin (26/7/2021).

BERITA REKOMENDASI