Jabatan Haryadi dan Heroe Berakhir, Kandidat Penjabat Walikota di Tangan Gubernur DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Yogya, Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi, akan berakhir pada 22 Mei 2022 mendatang. Sosok atau kandidat yang akan mengemban amanah sebagai penjabat (Pj) walikota pun berada di tangan Gubernur DIY.

Prosesi pengajuan Pj walikota sudah dilakukan DPRD Kota Yogya pada Maret lalu dengan menggelar sidang paripurna pengumuman masa akhir jabatan kepala daerah. Hasil paripurna tersebut menjadi dasar untuk pengajuan usulan oleh Gubernur ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Paripurna sengaja kami gelar Maret supaya tidak mepet. Jadi waktu itu DIY memiliki persiapan selama dua bulan untuk mengusulkan ke Kemendagri,” tandas Ketua DPRD Kota Yogya Danang Rudiyatmoko, Selasa (10/5/2022).

Haryadi-Heroe ditetapkan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Yogya pada 17 April 2017 lalu oleh KPU Kota Yogya. Selanjutnya resmi dilantik sebagai kepala daerah pada 22 Mei 2017 dengan masa jabatan selama lima tahun.

Danang mengaku, pihaknya saat ini tinggal menunggu informasi dari Gubernur DIY terkait Pj walikota yang akan menjabat. Sesuai ketentuan, Gubernur berhak mengajukan tiga kandidat Pj walikota ke Kemendagri. Selanjutnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menetapkan salah satu dari usulan Gubernur untuk menjadi Pj walikota. “Kemungkinan usulan kandidatnya sudah disampaikan ke Kemendagri, karena dari komunikasi kami dengan DIY waktu itu supaya tidak mepet waktunya,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI