Jadi Relawan, DIY Butuh Ribuan Mahasiswa Kesehatan

YOGYA, KRJOGJA.com – Kemendikbudristek berencana mengerahkan para mahasiswa terutama yang belajar di pendidikan kesehatan sebagai relawan. Mereka dinilai sangat membantu terhadap penanganan Covid-19 baik dalam rangka sosialisasi pencegahan maupun penanganan bagi warga yang sudah terkonfirmasi positif.

“Pak Gubernur sudah berkoordinasi dengan seluruh perguruan tinggi yang memiliki pendidikan kesehatan di DIY agar mengerahkan mahasiswanya sebagai relawan. Para mahasiswa pendidikan kesehatan yang menjadi relawan ini akan mendapatkan keringanan SKS maupun biaya,” kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Sabtu (7/8/2021).

Baskara Aji mengatakan, Pemda DIY masih membuka rekrutmen relawan tenaga kesehatan (nakes) bekerjasama dengan Poltekkes yang akan diterjunkan di Puskesmas maupun fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). Total vaksinator DIY yang dibutuhkan mencapai 1.498 dan jumlah tracer 2.338 orang.

“Kita memerlukan nakes cukup banyak, sehingga proses rekrutmen relawan diserahkan kepada pendidikan kesehatan, seperti Poltekkes maupun sekolah kesehatan lainnya. Harapannya bisa mempercepat, baik pelaksanaan tracing maupun vaksinasi,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI