Jaga Harga Bahan Pokok Pangan, Pasar Tradisional Jadi Garda Terdepan

YOGYA, KRJOGJA.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Wilayah (Kanwil) IV Area Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY dan Satgas Pangan Polda DIY melakukan survei lapangan komoditi bahan pokok pangan menghadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Sabtu (10/4/2021). Survei lapangan ini dalam rangka mencegah praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat terkait barang kebutuhan pokok di DIY jelang bulan puasa hingga lebaran nantinya.

Kepala Kanwil IV KPPU Dendy R Sutrisno menyampaikan sesuai prediksi jelang HKBN, pemerintah perlu memberikan sinyal positif kepada pedagang termasuk konsumen jelang HBKN. Kondisi riilnya ketersediaan pasokan bahan pangan tercukupi, namun beberapa komoditas bahan pangan mengalami kenaikan tetapi masih dinilai masih dalam kerangka terjangkau sesuai hasil survei lapangan ini.

“Yang kita pastikan adalah tidak ada hambatan pasokan bahan pangan, ini sangat penting. Sebab kalau ada hambatan pasokan urusannya bisa penimbunan dan penahanan pasokan. Kita tidak ingin disibukkan kericuhan yang sebenarnya bisa ditanggulangi atau diantisipasi pada bulan puasa,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI