Jaga Ketahanan Pangan, Bulog Kanwil Yogyakarta Miliki Beberapa Komoditas Bahan Pangan

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Wilayah Yogyakarta memiliki stok bahan pangan dari setara beras baik beras Public Service Obligation (PSO) maupun beras komersial, gula pasir, minyak, daging kerbau dan tepung terigu. Ketersediaan stok komoditi bahan pangan tersebut sangat mencukupi guna membantu ketahanan pangan masyarakat DIY saat ini.

Kepala Perum Bulog Kanwil Yogyakarta Juaheni mengatakan total stok komoditi bahan pangan setara beras yang dimiliki 49.777 ton hingga 23 Juli 2021. Ketersediaan stok serata beras tersebut sangat mencukupi guna membantu ketahanan pangan masyarakat, termasuk dalam progran bantuan sosial (bansos) yang disalurkan sebagai dampak PPKM darurat di DIY.

“Stok setara beras yang dimiliki tersebut masih cukup memenuhi kebutuhan masyarakat DIY setidaknya empat hingga lima bulan kedepan. Apalagi ada mulai panen lagi pada Agustus 2021, jika tidak segera kita serap kasihan petani kalau harganya jatuh,” ujaranya di Yogyakarta, Minggu (25/7/2021).

Juaheni berharap pihaknya bisa menyerap gabah atau serata beras dari petani lokal di DIY sebesar-besarnya pada musim panen mendatang. Dengan serapan yang tinggi ini, Bulog tentu bisa menjaga ketersediaan bahan pangan hingga menyalurkannya termasuk untuk kebutuhan bansos bagi Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

“Mudah-mudahan tidak terjadi harga jatuh sehingga kita bisa menyerap beras petani lokal lebih banyak dan tersalurkan dari DIY untuk DIY,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI