Jaga Protokol Kesehatan, Libur Panjang Pemkot Kerahkan ‘Kekuatan Penuh’

YOGYA, KRJOGJA.com – Berkaca pada membludaknya wisatawan pada libur Hari Kemerdekaan RI pekan lalu, Pemkot Yogya mengerahkan kekuatan penuh pada libur panjang pekan ini. Tidak kurang dari 398 personel keamanan diterjunkan khusus untuk menjaga kawasan Malioboro.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan personel keamanan tersebut berasal dari berbagai OPD seperti Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, Jogoboro, Pam Budaya, Pam Pasar, Linmas dan lainnya. “Masing-masing petugas sudah dibagi ketugasannya. Yang paling utama adalah protokol harus benar-benar dijalankan,” tandasnya, di sela apel siaga di Taman Parkir Abu Bakar Ali, Kamis (20/8/2020).

Pada liburan pekan lalu, Jogoboro sempat kewalahan dalam menjalankan tugas. Ditambah lagi pengunjung Malioboro banyak yang tidak tertib sehingga upaya terkesan protokol terabaikan. Sehingga jumlah personel keamanan pada libur panjang pekan ini akan dikerahkan secara maksimal.

Heroe mengaku, dirinya mempersilakan petugas Sat Pol PP untuk memberikan sanksi sosial maupun denda bagi pelanggar protokol. Terutama jika dalam kondisi yang mendesak ketika masyarakat sudah tidak bisa diingatkan. “Sanksi itu sebagai ‘shock therapy’ karena yang dijual Yogya selama masa pandemi ini ialah jaminan kepastian protokolnya berjalan,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI