Jamin Tempat Wisata Aman Bagi Konsumen

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Dalam rangka menyambut diterbitkannya SNI 9042:2021 Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Tempat Penyelenggaraan Pariwisata, Perkumpulan Kegiatan Sertifikasi Usaha Pariwisata Indonesia (PKSUPI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyelenggarakan Pelatihan Auditor SNI 9042:2021 CHSE di Yogyakarta secara online dan offline, Senin-Rabu (10-12/1).

Pada kesempatan tersebut, Lembaga Sertifikasi PT Bhakti Mandiri Wisata Indonesia (LSBMWI) ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan. “Pelaksanaan pelatihan ini dalam rangka membantu dan mendukung program pemerintah tentang Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan Tempat Pemnyelenggaraan dan Pendukung Kegiatan Pariwisata,” sebut Direktur LSBMWI Hairullah Gazali SE MBA yang juga Ketua Bidang Pengembangan LSUP dan Auditor PKSUPI, Rabu (12/1/2022).

Turut hadir Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf serta Kepala Dinas Pariwisata DIY. Program ini dilakukan untuk menjamin semua usaha pariwisata aman bagi konsumen dan juga pekerja di usaha tersebut. Dijelaskan, PKSUPI merupakan perkumpulan yang anggotanya terdiri dari berbagai Lembaga Sertifikasi Usaha Pariwisata Indonesia (LSUP) dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ada 86 auditor LSUP yang mengikuti pelatihan ini. Pada 2021 Kemenparekraf juga mengeluarkan Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2021 tentang Standar Kegiatan Usaha Pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Sektor Pariwisata. (Feb)

BERITA REKOMENDASI