Jangan Terpaku Online, Permudah Warga Akses Layanan Adminduk

YOGYA, KRJOGJA.com – Layanan administrasi kependudukan (adminduk) yang difasilitasi oleh Pemkot Yogya harus mempermudah akses warga. Kendati kini digulirkan layanan online, namun masih belum bisa disosialisasikan secara massif. Di samping itu belum semua penduduk mampu mengakses layanan online.

Anggota Fraksi PAN DPRD Kota Yogyakarta Tri Waluko Widodo, menyebut sebelum layanan online belum bisa sesuai yang diharapkan maka layanan offline atau tatap muka harus tetap diberikan. “Adminduk ini sebetulnya hak masyarakat. Bagi warga yang masih gaptek atau non milenial, haknya juga harus diberikan,” ungkapnya.

Di samping itu, sejumlah adminduk yang kini dialihkan ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) seharusnya mampu dikembalikan lagi ke wilayah. Antara lain pencetakan KTP non rekam serta KIA. Hal ini supaya warga dengan keterbatasan seperti kaum lansia, penyandang disabilitas serta yang tempat tinggalnya jauh dari Balaikota bisa tetap mudah mengakses.

“Petugas di kecamatan maupun kelurahan sebagai garda depan pelayanan masyarakat bisa ikut jadi pendamping dan membantu pengurusan adminduk. Baik saat prosesnya sampai pencetakan dokumennya. Ini karena masih banyak warga yang belum mampu menjamah online,” imbuh anggota dewan yang duduk di Komisi A ini.

BERITA REKOMENDASI