Jelang Lebaran Baznas Tetap Buka

Editor: Ary B Prass

YOGYA KRJOGJA.com – Untuk memberi layanan maksimal kepada umat Islam, khususnya para muzaki yang ingin membayar zakat, pada Sabtu (30/4) hari ini dan Minggu (1/5/2022) besok kantor Baznas DIY tetap buka, bahkan sampai malam. Namun saat libur lebaran, Senin (2/5/2022) sampai Minggu (8/5/2022) mendatang, layanan difokuskan secara online, meski tetap melayani jemput zakat.

“Meski hari ini mestinya sudah libur cuti lebaran, namun kami tetap buka. Tujuannya untuk memberi layanan kepada para muzaki,” kata Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Baznas DIY, Dr H Munjahid, Jumat (29/4/2022), sambil menambahkan menjelang lebaran biasanya banyak pemudik datang ke kantor Baznas di kompleks Kanwil Kemenag DIY Jalan Sukonandi 8 Yogya, baik untuk membayar zakat mal (harta) maupun zakat fitrah.

Bahkan menjelang Idul Fitri biasanya para amil Baznas DIY sampai malam melayani umat Islam yang membayar zakat, baik menyerahkan beras secara langsung mau transfer uang ke rekening Baznas.

“Karena waktu penyaluran zakat fitrah terbatas, maksimal sebelum Salat Idul Fitri, maka malam itu juga beras zakat langsung kami distribusikan kepada mereka yang berhak menerima,” jelasnya.

Ketika ditanya berapa yang harus dibayarkan setiap jiwa muslim untuk zakat fitrah, Dr Munjahid menjelaskan, kalau berupa beras yang merupakan makanan pokok di DIY, setiap jiwa/orang zakatnya 2,5 kg. Sedang kalau mau membayar dalam bentuk uang, setiap jiwa/orang Rp 30.000.

Kalau ada yang menyerahkan uang, langsung maupun melalui rekening, langsung dibelikan beras sehingga bisa segera didistribusikan. Untuk itu pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan pedagang beras, sehingga meski sudah malam tetap bisa membeli beras. (Fie)

BERITA REKOMENDASI