JFFE 2021 Jadi Kekuatan Kolaborasi Antar Festival

YOGYA, KRJOGJA.com – Jogja Festivals Forum & Expo (JFFE) 2021 kembali hadir sebagai upaya bersama untuk mendorong penguatan posisi Yogyakarta dalam peta kota festival dunia. JFFE 2021 yang diinisiasi Jogja Festivals yang mampu menjadi wadah bagi festival baik di luar maupun luar DIY guna menciptakan sinergi serta kerjasama antar festival dalam menciptakan ekosistem kolaboratif untuk memperkuat festival Indonesia dalam kancah baik nasional maupun internasional.

JFFE 2021 menghadirkan serangkaian kegiatan yaitu simposium, talkshow serta focus group discussion (FGD) yang diisi oleh para ahli baik dari dalam dan luar negeri untuk berdiskusi mengenai isu festival terkini dan ke depan di Jogja Expo Center (JEC) sejak Selasa (16/11) sampai Kamis (18/11). Berbarengan dengan kegiatan forum, Festival Pop Up Expo yang menjadi sarana pameran keberlangsungan festival di DIY digelar di Plaza Ambarrukmo mulai 17 hingga 30 November 2021.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman Jogja Festivals dan JFFE yang pada masa pandemi pun masih dapat terlaksana tiga tahun secara rutin. Dengan ini, tampak bahwa masih ada optimisme bagi festival agar bisa terlaksana dengan segala bentuk keterbatasan yang ada,” ujar Penasihat Jogja Festivals KPH Purbodiningrat di JEC, Selasa (16/11/2021).

Kegiatan festival sebagai salah satu aktivitas sosial sekaligus puncak dari kegiatan ekonomi kreatif, terbukti mampu memberikan multiplier effect dan berkontribusi dalam ragam perspektif. Banyaknya dampak yang diberikan karena keberlangsungan festival, layaknya diberikan perhatian khusus karena kemampuannya dalam meningkatkan ekonomi kreatif, pariwisata lokal serta pelestarian budaya.

“Kami sebagai salah satu stakeholder berharap keinginan untuk kolaborasi dan bersinergi semakin tinggi. Bila ada pintu yang terbuka, silaturahmi serta kolaborasi selanjutnya dapat terbangun,” kata Managing Director Ambarrukmo Group Haris Susanto.

BERITA REKOMENDASI