JFFE 2021 Jadi Kekuatan Kolaborasi Antar Festival

Keunikan festival di DIY makin terasa dengan kentalnya gotong royong dan saling kolaborasi antar festival. Kebiasaan ini menjadi tolak ukur, media pembelajaran, serta model percontohan bagi festival di dalam maupun di luar negeri. Jogja Festivals terus membuka diri pada berbagai kemungkinan kerjasama dalam upaya meningkatkan kualitas Yogyakarta sebagai kota penting dan strategis dalam peta festival dunia.

“Saya salut pada masa pandemi yang serba tidak pasti ini pun, banyak sinergi yang dapat terbangun dalam ekonomi kreatif. Semua dilakukan dengan tetap mematuhi aturan untuk menciptakan kreasi-kreasi baru. Ini menunjukkan bahwa pada masa kini, kita tidak lagi bisa berdiri sendiri. Untuk menyelesaikan masalah bersama, integrasi dan berjalan bersama itu harus,” tutur Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Marlina Handayani.

JFFE 2021 didukung Pemda DIY melalui Dispar DIY, Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, JEC dan sokongan dari Dana Keistimewaan (Danais). Selain itu keberlangsungan JFFE didukung penuh The Ambarrukmo, Plaza Ambarrukmo serta Pekerja Event Jogja sejak penyelenggaraan dari tahun pertama. Rangkaian acara lengkap JFFE 2021 dapat diakses oleh publik secara daring melalui halaman website www.jogfestforumexpo.com menggunakan fitur Live Now.

“Jogja, jika dibandingkan dengan destinasi lain, sebenarnya merupakan destinasi yang berbeda dan sangat sustainable. Tidak kalah dengan tempat lain di Indonesia, kita bisa menyajikan budaya seperti festival sebagai sesuatu yang memang sudah ada dan menjadi kekuatan kita. Untuk itu, sinergi dengan stakeholders adalah kekuatan positif yang penting dibangun di Jogja,” pungkas Ketua Jogja Festivals Forum Bram Satya. (Ira)

BERITA REKOMENDASI