KA Bandara YIA Layani 26 Perjalanan Per Hari

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Kereta Api (KA) ke Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) atau dikenal sebagai KA Bandara Yogyakarta International Yogyakarta (YIA) sebagai tahap awal siap beroperasional sebanyak 26 perjalanan atau pulang dan pergi (PP) setiap harinya dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) atau sebaliknya. KA Bandara YIA yang baru melakukan peluncuran awal pada Jumat (27/8) ini dipastikan beroperasional dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan ketat.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan KA Bandara YIA ini siap melayani sebanyak 26 perjalanan per hari dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Stasiun BIY dan sebaliknya sebagai tahap awal pasca peluncuran awal. KA Bandara ini memiliki jeda keberangkatan kereta setiap 30 menit dengan tiga stasiun pemberhentian yakni Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates dan Stasiun Bandara saat ini.

“KA Bandara YIA akhirnya telah diluncurkan, sebagai tahap awal masih 26 perjalanan (PP) setiap harinya dengan headway 30 menit. Ada tiga stasiun pemberhentian dan kami tengah diskusikan jadi empat ditambah Stasiun Maguwo karena mempunyai punya pasar tersendiri. Supaya mempermudah akses penumpang yang dari kawasan timur DIY tidak harus ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Tapi ini baru sebatas diskusi semata, semoga bisa ditindaklanjuti,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI