Kabar Bahagia Datang dari GL Zoo, Gajah Sinta Lahirkan Bledug Betina

YOGYA, KRJOGJA.com – Kabar bahagia datang di tengah kegelisahan masyarakat DIY atas wabah Corona Covid-19. Satu gajah betina GL Zoo melahirkan bledug betina falam kondisi sehat, Rabu (25/3/2020) dinihari.

Gajah betina Sinta sebelumnya kawin alami dengan gajah jantan Argo yang juga koleksi kebun binatang tersebut. Saat ini bledug perempuan yang masuk jenis Gajah Sumatra ini belum bisa disaksikan langsung lantaran GL Zoo masih tutup sebagai upaya pencegahan penularan Virus Corona.

Manager Konservasi GL Zoo, Josephine Vanda Tirtayani mengungkap Argo merupakan gajah Sumatra yang didatangkan dari Pusat Latihan Gajah Way Kambas Lampung pada 1996 lalu, sementara Sinta merupakan gajah Sumatra asal Pusat Konservasi Gajah Seblat Bengkulu. Gajah Sinta total bunting selama 21 bulan sebelum akhirnya melahirkan bledug betina semalam.

“Selama bunting, Sinta dalam pengawasan dan perawatan intensif. Pemberian pakan khusus dan multivitamin dilakukan demi menjaga kondisi sang induk. Pemantauan melalui USG pun rutin dilakukan untuk memastikan janin berkembang baik. Sinta juga rutin diajak jalan-jalan keliling area GLZoo, oleh mahout atau perawat satwanya. Ini untuk menjaga kondisi tubuhnya selama proses kehamilan,” ungkap Vanda melalui rilis pada media.

BERITA REKOMENDASI