Kadar Karbon Monoksida Semakin Berkurang

YOGYA, KRJOGJA.com – Kadar Karbon Monoksida (CO) di Kota Yogya sepanjang tahun ini semakin berkurang. Terutama sejak Desember 2019 hingga saat ini sepanjang pandemi virus Corona. Konsentrasi CO menjadi paramater dominan dalam nilai Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya Suyana, menjelaskan CO merupakan satu di antara lima parameter utama dalam menilai kualitas udara ambien di Indonesia di samping NO2, SO2, O3 dan PM10. “Yang paling dominan ialah CO. Artinya jika konsentrasi CO pada hari tersebut rendah maka nilai ISPU Kota Yogya hari tersebut akan masuk kategori baik, demikian sebaliknya,” tandasnya, Minggu (7/6/2020).

Pada saat pandemi Covid-19, terjadi penurunan rata-rata konsentrasi harian CO Kota Yogya yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari data yang dihasilkan oleh stasiun Air Quality Monitoring System (AQMS) di DLH Kota Yogya. Alat sensor itu mampu merekam pergerakan data pencemaran udara ambien Kota Yogya secara kontinyu dan real time.

BERITA REKOMENDASI