Kampanye ‘Sibakul Jogja Free-Ongkir’ Digalakkan Pada 2021

YOGYA, KRJOGJA.com – Perekonomian yang belum pulih hingga awal 2021 karena pandemi Covid-19, harus disikapi bijak. Kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) yang digaungkan dari pusat hingga daerah pun sangat berdampak pada dinamika perekonomian masyarakat. Terutama wilayah DIY yang kehidupannya ditunjang keberadaan UMKM.

Data BPS DIY terbaru menunjukkan pertumbuhan ekonomi DIY pada 2020 konstraksi minus 2,69 persen. Triwulan IV 2020 yang diharapkan menjadi pemantik pertumbuhan ekonomi, justru belum bisa memberikan dampak signifikan karena angka pertumbuhan pandemi Covid-19 justru meningkat tajam. Dunia pariwisata pun kembali terpuruk. UMKM sebagai penggerak perekonomian daerah menjadi pihak yang mengalami stagnasi pertumbuhan. Jalur pemasaran kembali terhambat.

Maka, Pemerintah Daerah harus sigap untuk memberikan jejaring pengaman dalam koridor pemulihan ekonomi, terutama memberikan akses pemasaran kepada UMKM. Sukses dijalankan pada 2020, kampanye pengembangan markethub free ongkos kirim, sangat mendesak untuk segera dilakukan.

BERITA REKOMENDASI