Kantor Asei Yogya Bakal Ditutup, Pelaku UMKM Ekspor Minta Pemda Bertindak

YOGYA, KRJOGJA.com – Eksportir maupun pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ekspor di DIY merasa kecewa dan sangat menyayangkan rencana penutupan kantor PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) atau Asuransi Asei Cabang Yogyakarta. Oleh karena itu, Pemda DIY diminta turun tangan guna meminta perusahaan asuransi berplat merah ini mengkaji penutupan kantor cabangnya di DIY yang sudah beroperasional selama 15 tahun. Keberadaan Asei dinilai telah melindungi dan membantu mengurangi gagal transaksi para eksportir dan pelaku UMKM ekspor di DIY selama ini.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY Wawan Harmawan menyayangkan sekali apabila rencana penutupan kantor cabang Asei di Yogyakarta benar-benar dilakukan. Sebab keberadaan dan keterjangkauan layanan justru sangat dibutuhkan guna melindungi eksportir maupun pelaku UMKM ekspor di DIY.

“Asei sebagai BUMN harusnya memiliki fungsi perintis dan fungsi sosial yang seharusnya tetap berada di Yogyakarta yang tidak lain adalah ibukota Provinsi. Jangan karena alasan rugi atau nilai ekspornya kecil lalu ditutup, seharusnya Asei tetap hadir mendekatkan diri membantu melindungi dengan layanan asuransi ekspornya bagi eksportir di DIY,” tuturnya kepada KRJogja.com di Yogyakarta, Jumat (5/2/2021).

BERITA REKOMENDASI