Kasus Covid-19 di Yogya Cenderung Stabil, Tren Penurunan Dikaji

YOGYA, KRJOGJA.com – Gugus Penanganan Covid-19 Kota Yogya kini tengah mengkaji tren penurunan kasus. Hal ini seiring data Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun pasien positif yang cenderung stabil.

Ketua Gugus Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, mengungkapkan selama dua pekan ini lalu lintas di wilayah Yogya cenderung tinggi. Akan tetapi dari aspek data yang dipegang pemerintah justru tidak ditemukan adanya penambahan kasus baru yang signifikan.  “Ini yang sedang kami minta ke Dinas Kesehatan untuk mengkaji betul. Lalu lintas dan aktivitas cukup ramai namun data yang kita miliki stabil. Apakah memang ada tren penurunan atau seperti apa,” urainya, baru-baru ini.

Data terakhir yang dipegang Pemkot, kasus positif yang masih dirawat mencapai tujuh orang. Sedangkan PDP ada sembilan orang yang seluruhnya mendapat perawatan di rumah sakit sampai didiagnosis negatif. Kemudian untuk ODP ada sepuluh orang.

Heroe menambahkan, pergerakan masyarakat yang ramai namun data Covid-19 yang stabil, bisa membuktikan tidak ada transmisi lokal di wilayah Kota Yogya. Akan tetapi hal itu juga perlu diperbandingkan dengan kabupaten lain di DIY.

“Warga dari zona merah yang hendak masuk ke DIY sekarang juga telah dilarang. Bisa jadi ini cukup memberikan dampak pengendalian. Tapi kondisi masyarakat saat ini memang tidak seperti saat awal dulu atau periode Maret,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI