Kasus Covid-19 di Yogya Menurun Namun Belum Signifikan

YOGYA, KRJOGJA.com – Selama penerapan kebijakan PPKM darurat maupun PPKM level 4, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya menyebut ada penurunan kasus Covid-19. Akan tetapi tren penurunan tersebut masih belum terlalu signifikan.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Haryadi Suyuti, menyebut pihaknya akan berjalan seirima dengan keputusan pemerintah pusat dalam penanganan pandemi. “Kemarin PPKM darurat, kemudian berganti dengan PPKM level 4 sampai hari ini (kemarin). Nanti seperti apa PPKM nya, kita ikuti. Yang jelas kalau trennya sudah menurun,” ungkapnya, beberapa waktu lalu.

Penurunan kasus tersebut tidak sebatas pertumbuhan temuan kasus baru harian melainkan juga kasus kematian turut mengalami penurunan. Akan tetapi diakuinya polanya masih stabil tinggi sehingga penurunannya belum bisa diklaim signifikan.

Oleh karena itu, pihaknya tidak akan terjebak pada periodisasi pelaksanaan PPKM melainkan bagaimana kebijakan tersebut mampu menjadi kebiasaan bagi masyarakat. Terutama menyangkut pembatasan kegiatan masyarakat sesuai ruh PPKM. “Intinya kan masyarakat harus bisa saling menjaga. PPKM itu harus dibiasakan supaya mampu menjadi ‘habit’. Jika substansinya dijalankan betul, insyaallah akan terkendali,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI