Kasus Covid Landai, DIY Terus Gencarkan Vaksinasi

YOGYA, KRJOGJA.com – Kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dari waktu ke waktu semakin membaik dan menunjukkan adanya peningkatan. ?Hal itu bisa dilihat dari penambahan kasus positif saat Lebaran tahun 2020 dengan Lebaran tahun 2021. Meski sempat ditemukan adanya klaster baru, tapi jumlah penambahan kasus cenderung mengalami penurunan.

“Meski masih ditemui klaster baru atau penularan, tapi kalau dibandingkan dengan lebaran tahun sebelumnya jumlah kasusnya menurun. Walaupun begitu masyarakat harus menegakkan Prokes secara disiplin. Karena adanya kasus atau klaster baru itu menunjukkan masih adanya masyarakat yang lengah untuk menerapkan Prokes, padahal itu menjadi kunci untuk memutus rantai penularan Covid-19,” kata Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY, Sri Paduka Paku Alam X di Kompleks Kepatihan, Rabu (2/6/2021).

Menurut Wagub DIY, secara umum, masyarakat sudah teredukasi dan memiliki kesadaran soal penerapan Prokes . Bahkan kesadaran tentang penegakkan Prokes sudah mulai menjadi budaya di masyarakat. Buktinya aparat di level bawah semakin proaktif untuk saling mengingatkan berkaitan dengan penegakkan Prokes.

“Untuk segera menangani pandemi Covid-19, Gugus Tugas berkomitmen untuk segera menyelesaikan program vaksinasi. Karena dengan menyuntikkan vaksin kepada 70 persen penduduk DIY untuk mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Saat ini proses vaksin berjalan terus, Alhamdulilah terakhir kita nomor dua setelah Bali. Saya punya cita-cita DIY menjadi salah satu provinsi yang pertama kali rampung (vaksinasi),” ungkap Paku Alam X.

BERITA REKOMENDASI