Kasus Covid Melonjak, Muncul Saran Pengetatan Menyeluruh DIY

YOGYA, KRJOGJA.com – Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) DIY dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) menyampaikan saran terbuka bagi Pemda DIY, Senin (28/6/2021). Keduanya meminta DIY menarik tuas rem pengetatan menyeluruh di DIY untuk menekan kasus Covid yang melonjak beberapa waktu belakangan.

Koordinator Umum, FPRB DIY, Taufiq AR melalui keterangan tertulis meminta Pemda DIY segera mengambil langkah strategis yakni pembatasan sosial berskala DIY secara lebih ketat. Kebijakan tersebut dinilai menjadi rem darurat melihat eskalasi kasus harian tinggi dan di sisi lain ketersediaan tempat tidur rumah sakit maupun shelter isolasi yang penuh.

“Kami menilai perlu diambil kebijakan pembatasan sosial berskala DIY yang lebih ketat untuk menekan/menurunkan potensi penularan, diantaranya dengan menekan mobilitas pekerja dengan memaksimalkan skema kerja WFH (Work From Home) bagi ASN (semua ASN di DIY) dan pekerja sektor formal lain semaksimal mungkin, kecuali di sektor vital (kesehatan, pangan, dan energi, serta pelayanan publik esensial) untuk 1-2 pekan ke depan. Menghentikan dan menunda semua kegiatan yang potensial menimbulkan kerumunan tanpa terkecuali, termasuk kegiatan pariwisata, pembelajaran tatap muka sekolah, kegiatan sosial dan ritual keagamaan, sampai dengan penularan dapat dikendalikan,” ungkapnya dalam surat terbuka pada Gubernur DIY yang diterima wartawan, Senin (28/6/2021).

BERITA REKOMENDASI