Kasus Covid Melonjak, Penting Keberadaan Satgas Covid di RT/RW

YOGYA, KRJOGJA.com – Penanganan Covid-19 akan bisa dilaksanakan dengan baik apabila ada kesadaran dan keterlibatan dari seluruh komponen masyarakat, termasuk RT/RW. Adanya lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di DIY dalam beberapa waktu terakhir harus dijadikan bahan evaluasi bersama. Terutama yang berkaitan dengan penegakkan Prokes, karena lonjakan kasus yang tergolong cukup signifikan menjadi indikator dari penegakkan Prokes yang belum maksimal.

“Penambahan jumlah kasus harian yang diatas 600 tidak boleh diabaikan begitu saja. Untuk itu kami terus mendorong pembentukan Satgas di level RT/RW untuk memperketat pengawasan masyarakat. Karena mereka (RT/RW) lebih mengetahui kondisi yang ada di lingkungannya masing-masing. Sayangnya, sampai sekarang dilevel RT/RW di DIY masih banyak yang belum memiliki Satgas Covid,” kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmat di Yogyakarta, Sabtu (19/6/2021).

Noviar menyatakan, sejak ada lonjakan kasus dalam beberapa hari terakhir jumlah pelaku pelanggaran terutama berkaitan dengan Prokes cenderung menurun. Apabila sebelum terjadi lonjakan jumlah pelanggaran dalam sehari bisa mencapai 300 pelanggaran, turun menjadi kurang dari 100 pelanggaran. Walaupun begitu, bukan berarti menjadikan Satgas Covid atau Satpol PP DIY cepat berpuas diri, sebaliknya menjadi termotivasi untuk memberikan layanan yang lebih baik. Apalagi dalam beberapa hari terakhir kasus hariannya selalu diatas angka 500 kasus.

“Kalau untuk strategi detailnya yang akan dilakukan untuk mengatasi adanya lonjakan kasus akan dirapatkan Senin (21/6) besok. Walaupun begitu kami tidak akan bosan mengingatkan agar masyarakat selalu menegakkan Prokes, karena hanya dengan cara itu penularan bisa ditekan,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI