Kasus Covid Terus Naik, DIY Berencana Tambah Rumah Sakit Lapangan

YOGYA, KRJOGJA.com – Pemda DIY menilai 27 Rumah Sakit (RS) Rujukan Covid-19, satu RS Lapangan di Bantul dan puluhan shelter yang tersebar di wilayah DIY belum cukup maupun mampu menghadapi lonjakan kasus Covid-19 saat ini. Untuk itu, Pemda DIY berencana menambah RS Lapangan khususnya di Sleman yang merupakan zona merah kasus Covid-19.

“Kami berencana menambah RS Lapangan yang tengah dibahas saat ini. RS Lapangan ini usulannya di Sleman, karena kami melihat Sleman wilayah yang tinggi rujukannya kasus positif virus Korona di DIY sejauh ini,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY drg Yuli Kusumastuti IP MKes di Yogyakarta, Selasa (29/6/2021).

Yuli mengungkapkan rencana penambahan atau pendirian RS Lapangan ini cukup sulit alias tidaklah semudah yang dibayangkan. Pendirian RS Lapangan tersebut membutuhkan persiapan yang matang bagi dari ketersediaan fasilitas sarana prasarana hingga Sumber Daya Manusia (SDM) terutama tenaga kesehatannya. Selain itu, Pemda DIY juga tengah membahas penambahan shelter isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala maupun gejala ringan.

“Yang sedang kita bicarakan di level provinsi adalah menambah shelter supaya tidak menambah banyak transmisi di masyarakat dan kita bisa pantau dari shelter. Kami dan Dinas Sosial (Dinsos) DIY sedang membicarakan membuka shelter agar beban RS berkurang,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI