Kasus Harian Naik, Dinsos Se-DIY Siagakan 177 Shelter

YOGYA, KRJOGJA.com – Terkait kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, Dinas Sosial (Dinsos) DIY kembali mengaktifkan kembali shelter-shelter di kabupaten/kota maupun kalurahan. Semua itu dilakukan sebagai salah satu bentuk antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya lonjakan kasus. Dengan begitu, saat terjadi kenaikan bisa lebih siap dan upaya penanganan menjadi lebih optimal.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kabupaten/kota agar shelter-shelter, termasuk yang ada di kalurahan, diaktifkan kembali. Saat ini 177 shelter yang ada di DIY kami minta bisa disiaga dengan baik. Di 177 sehelter tersebut ada 1.632 tempat tidur. Kebijakan untuk mengaktifkan shelter dilakukan seiring dengan lonjakan kasus Covid-19,” kata Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY, Endang Padmintarsih, Sabtu (12/2/2022) di Yogyakarta.

Menurut Endang, sejumlah upaya terkait penanganan Covid-19 terus digencarkan oleh Pemda DIY. Kesiapan itu tidak hanya yang berkaitan dengan kesiagaan shelter tetapi juga fasilitas pendukung lain, obat-obatan sampai tenaga kesehatan. Dana yang digunakan berasal dari kabupaten/kota dan provinsi. “Untuk Pemda DIY, disiapkan tempat isolasi terpadu (isoter) di Hotel Mutiara dengan kapasitas 112 tempat tidur. Isoter di kalurahan maupun kabupaten/kota kami minta selalu siaga, termasuk untuk kesiapan tenaga kesehatan,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI