Kasus Harian Pandemi Meledak, Pemda DIY Pastikan Kesiapan Anggaran Penanganan Covid-19

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com– Pemda DIY telah mengalokasikan anggaran penanganan Covid-19 sebesar Rp 435 miliar yang sekarang baru terserap sekitar 20 persen pada 2021. Selain itu, pihaknya pun menyiapkan anggaran belanja tidak terduga (BTT) di kisaran Rp 20 miliar yang bisa dipakai guna membantu penanganan Covid-19 apabila dibutuhkan seiring dengan meledaknya angka kasus pandemi Covid-19 di DIY saat ini.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY Beny Suharsono menyatakan Pemda DIY telah mengalokasikan Rp 435 miliar untuk penanganan Covid-19 yang berasal dari APBD DIY 2021. Anggaran penanganan Covid-19 tersebut masuk menjadi anggaran reguler di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan lainnya.

“Kami sudah menyiapkan anggaran penanganan Covid-19 di DIY sebesar Rp 435 miliar sampai akhir tahun ini. Model alokasi anggaran penanganan Covid-19 tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang sebagian besar anggaran penanganan Covid-19 berasal dari BTT karena pandemi memang tidak diprediksi terjadi sebelumnya. Akhirnya anggaran penanganan pandemi Covid-19 masuk ke dalam anggaran reguler OPD tahun ini sebab sudah bisa dirancang sebelumnya,” katanya di Komplek Kepatihan, Kamis (24/6/2021).

BERITA REKOMENDASI