Kebijakan dan Strategi Harus Tepat, Target Pengurangan Sampah Terus Berjalan

YOGYA, KRJOGJA.com – Perwal 67 tahun 2018 terkait kebijakan dan strategi pengelolaan sampah masih menjadi pedoman untuk menetapkan target pengurangan sampah. Hingga saat ini target pengurangan sampah juga tetap berjalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya Sugeng Darmanto, menyebut target pengurangan sampah sejak 2018 hingga 2025 harus mencapai 30 persen dari total timbulan sampah. “Pengelolaan sampah sesuai dalam perwal itu berupa pengurangan dan penanganan. Ada target yang harus bisa dicapai, dan kami upayakan justru melebihi target,” jelasnya, baru-baru ini.

Upaya pengurangan sampah dilakukan melalui pembatasan timbulan sampah, pemanfaatan kembali serta pendauran ulang. Sedangkan penanganan sampah melalui lima hal yakni pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pemrosesan akhir.

Berdasarkan neraca sampah saat Perwal 67/2018 ditetapkan, timbulan sampah di Kota Yogya mencapai 370,4 ton per hari atau 135.214 ton per tahun. Masing-masing berasal dari permukiman sebanyak 54,79 persen, dan sampah nonpermukiman sebanyak 45,21 persen. Dari timbunan sampah tersebut, sebanyak 98,11 persen sudah dapat ditangani. Sehingga masih ada sekitar 1,89 persen sampah atau tujuh ton sampah per hari yang belum bisa tertangani.

“Tanpa ada peran serta masyarakat, maka target pengurangan sampah akan sulit tercapai,” tandas Sugeng.

BERITA REKOMENDASI