Kebocoran Soal ASPD, Pemda-DPRD DIY Desak Ada Sanksi Tegas

YOGYA, KRJOGJA.com – Sekda DIY Drs K Baskara Aji meminta agar oknum guru yang melakukan kecurangan dengan membocorkan soal pada pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) diberikan sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku. Ia mengaku sudah mendapatkan laporan dari Disdikpora DIY.

“Saat ini Disdikpora DIY bersama dinas pendidikan kabupaten/kota sedang melakukan penyelidikan,” kata Baskara Aji di Bangsal Kepatihan, Jumat (9/4/2021) menanggapi indikasi kebocoran soal Matematika pada ASPD jenjang SMP/MTs di DIY, baru-baru ini. Diduga kebocoran itu terjadi di sebuah SMP di wilayah Sleman.

Komisi D DPRD DIY juga mendesak Disdikpora DIY untuk mengusut tuntas dugaan kebocoran soal dan jawaban dalam ASPD di salah satu SMPN di Sleman itu. Pembentukan Tim Pencari Fakta (TPF) yang akan dibentuk Disdikpora DIY untuk bekerja secepat-cepatnya sangat didukung dan segera melaporkan hasil temuan fakta itu ke publik.

“Tentu saja sanksi tegas harus diberikan kepada oknum pelaku disesuaikan dengan regulasi yang berlaku. Apakah oknumnya ada di lingkungan dinas atau bukan,” kata anggota Komisi D DPRD DIY Sukron Arif usai rakor dengan Disdikpora DIY dan Disdik Sleman.

BERITA REKOMENDASI