Kebocoran Soal ASPD, Pemda-DPRD DIY Desak Ada Sanksi Tegas

Sekda DIY meminta kebocoran tersebut diusut supaya tidak sampai menimbulkan kerugian baik bagi sekolah atau siswa yang lain. Untuk itu, seandainya terbukti ditemukan ada kebocoran soal Matematika, Pemda DIY meminta kepada pelaku (guru yang membocorkan soal) untuk ditindak tegas.

Tentang solusi yang dilakukan bila ada kebocoran soal, pertama, peserta didik harus melakukan ujian ulang dengan soal yang berbeda. Kedua, oknum yang melakukan kecurangan diberikan sanksi.

Untuk sanksi yang diberikan tergantung kesalahan yang sudah dilakukan. Kalau kesalahannya ringan sanksinya mulai dari teguran sampai peringatan tertulis. Sedangkan, untuk sanksi menengah mulai dari penurunan pangkat sampai penundaan gaji berkala. Tidak hanya itu pelaku juga bisa tidak akan dilibatkan dalam kegiatan serupa di pelaksanaan berikutnya.

“Apabila kebocoran soal tersebut dilakukan Aparatur Sipil Negara (ASN) sanksi disiplin kepegawaian harus dikenakan. Kalau bukan ASN sanksinya sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Sekda.

BERITA REKOMENDASI