Kehadiran Kereta Bandara, Momentum Uji Sistem dan Validasi Layanan

Arif mengatakan, masa pandemi sesungguhnya dapat dijadikan momentum yang tepat untuk uji sistem dan validasi kualitas layanan integrasi pada pasar pengguna. Pelaksanaannya misalnya, untuk menegakkan protokol kesehatan maka semua pemberangkatan di YIA hanya bisa menggunakan moda KA. Semua stasiun di Jawa, atau Jawa Selatan bagian tengah dapat dijadikan lokasi chek-in pesawat, jika memungkinkan termasuk chek-in bagasi.

Proses check-in di stasiun harus menghilangkan semua tundaan perpindahan moda. Dari sisi pengoperasian kereta, jika diperlukan, maka Grafik Perjalanan KA (Gapeka) harus sedikit disesuaikan. Karena semua yang melewati lintas Selatan hendaknya berhenti sesaat di salah satu stasiun interkoneksi KA Bandara.

“Saat perencanaan dan pengujian maka selisih total waktu tempuh dari asal dan tujuan akhir harus terus dibandingkan, antara cara sebelum integrasi dan setelah integrasi. Semua penumpang kemudian harus dijadikan responden untuk mendapatkan profil penumpang suka dan akan setia. Penumpang yang memutuskan untuk memilih pilihan lain, termasuk penumpang yang menolak untuk tidak akan menggunakannya kembali, sehingga kesuksesan integrasi terkonfirmasi dengan pengguna,” paparnya.

BERITA REKOMENDASI