Kelaspedia: Jeli Lihat Peluang, Hobi Bisa Jadi Sumber Penghasilan  

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com– Breakdance resmi ditambahkan sebagai cabang olahraga baru pada Olimpiade Paris 2024. Keputusan ini merupakan salah satu upaya Komite Olimpiade Internasional untuk memikat lebih banyak partisipasi sekaligus audiens dari kalangan muda, khususnya di lingkup perkotaan. Sebelumnya, upaya tersebut juga sudah mulai diwujudkan dengan menambahkan cabang olahraga skateboard, panjat tebing, dan selancar pada Olimpiade Tokyo 2020 beberapa waktu lalu.

 

Jika dilihat lebih luas, dipilihnya breakdance sebagai cabang olahraga resmi olimpiade bisa dianggap sebagai angin segar bagi para pelaku hobi di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Seperti yang kita tahu, breakdance sebelumnya lebih sering dipandang dan dijalankan sebagai aktivitas refreshing dan pengembangan diri saja. Tetapi, saat ini kegiatan tersebut telah mendapatkan pengakuan sebagai kegiatan yang kompetitif, layak disiarkan, serta memiliki potensi ekonominya yang menggiurkan.

 

“Sebenarnya ini juga berlaku untuk kegiatan-kegiatan lain. Sering kali kita lupa atau tidak sadar bahwa semua hobi itu punya peluang yang besar untuk dijalankan sebagai aktivitas yang menghasilkan secara ekonomi bagi para pelakunya.” tutur Yopie Irawan, Direktur Kurikulum di Kelaspedia.

 

Kelaspedia sendiri adalah institusi edukasi yang mendorong masyarakat untuk menemukan peluang ekonomi dari hobi yang mereka minati. Tujuan ini dihadirkan sebagai respon atas tidak berimbangnya peluang kerja di Indonesia selama dua tahun terakhir, dimana tingkat pengangguran jauh lebih tinggi ketimbang peluang penyerapan tenaga kerja tahunan.

 

“Tentu hobi bisa jadi jalan keluar alternatif untuk masyarakat yang kesulitan mencari pekerjaan baru di tengah kondisi sekarang. Sebagai contoh, kamu suka menyanyi atau menari. Kamu bisa mulai membuka channel YouTube dan upload karya kamu di sana. Atau, membuat kerajinan seperti menyulam dan membatik. Kamu bisa pakai marketplace untuk menjual apa yang kamu buat. Jika dijalani dengan serius, kami percaya kalau hobi atau kecintaan kita terhadap suatu hal bisa jadi cara alternatif untuk memperkuat kondisi finansial masing-masing dari kita,” tambah Yopie.

BERITA REKOMENDASI