Kelompok Jaga Warga Masih Minim, Pemda DIY Minta Segera Lakukan Percepatan Pembentukan

Editor: Ary B Prass

YOGYA, KRJOGJA.com- Pemda DIY meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) maupun Pemerintah Kota (Pemkot) di DIY agar segera melakukan percepatan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Padukuhan atau Jaga warga. Dari total setidaknya 11.000 Padukuhan yang ada DIY, baru 26 persen Padukuhan yang telah memiliki kelompok Jaga Warga.

Capaian tersebut menjadi ‘PR’ tersendiri yang harus segera diselesaikan agar segera dilakukan pembinaan dan pendampingan agar bisa berperan aktif mendukung penanganan dan penanggulangan Covid-19 di DIY.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY Noviar Rahmad mengatakan kewenangan pembentukan Jaga Warga ada di Pemkab maupun Pemkot di DIY, sementara Pemda DIY melakukan pembinaan dan pembiayaannya.

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah Jaga Warga yang terbentuk baru 1.224 kelompok dari 190 Kalurahan yang berada di tingkat Pedukuhan Kabupaten dan Kampung Kota, kecuali Kalurahan Wates yang berada di tingkat Rukun Warga (RW).

“Baru terbentuk kelompok Jaga Warga sebesar 26 persen dari total 11.000 Pedukuhan di DIY saat ini. Jadi Kami minta Bupati/Walikota agar segera melakukan percepatan pembentukan Jaga Warga. Padahal targetnya dibentuk 77 kelompok Jaga Warga pada tahun ini, tetapi belum ada realisasi dari Pemkab/Pemkot di DIY sampai sekarang,” tuturnya di Komplek Kepatihan, Sabtu (31/7/2021).

BERITA REKOMENDASI