Ketahanan Pangan, Butuh Pengelolaan Pola Tanam yang Lebih Baik

YOGYA, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 telah menimbulkan persoalan serius diberbagai sektor kehidupan. Oleh karena itu, supaya ketahanan pangan bisa tetap terjaga, pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian (Kementan) telah menyiapkan strategi. Diantaranya lewat skema penanggulangan kemungkinan adanya krisis pangan global.Seperti gerakan percepatan tanam serentak, melakukan penyediaan sarana produksi, penyediaan pembiayaan usaha pertanian dan bantuan modal usaha bagi petani skala kecil.

“Dampak adanya covid terhadap ketahanan pangan nasional maupun dunia memang berat. Untuk menghadapi masalah tersebut kebijakan yang harus dilakukan adalah mengelola pola tanam yang lebih baik terutama untuk wilayah-wilayah yang masih tersedia air yaitu segera menanam padi secara serentak,”kata pengamat pertanian dari Akademi Pertanian (Apta) Yogyakarta, Supriyati MP di Yogyakarta, Minggu (7/6/2020).

Supriyati mengungkapkan, petani sebaiknya dalam menanam padi dilakukan secara serentak.? Karena bulan Mei dan Juni diperkirakan masih ada hujan meski sedikit, sehingga budidaya tanaman padi masih bagus. Selain itu ketersediaan sarana produksi juga harus disiapkan, bantuan modal petani dengan kredit murah seperti KUR dengan bunga yang sangat rendah juga diperlukan bagi petani untuk membiayai usahataninya. Sisi penting lain adalah panen yg musim tanam sebelumnya bisa menjadi lumbung pangan baik tingkat desa sampai provinsi sehingga masing-masing wilayah tidak akan terjadi kekurangan pangan.

BERITA REKOMENDASI