Kisah Relawan Muhammadiyah Pulasarakan Jenazah Pasien Covid Kristen di Masjid Gede Kauman Dibukukan

YOGYA, KRJOGJA.com – Relawan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) menulis pengalaman-pengalaman menarik penanganan kasus Covid-19 yang dirangkum dalam sebuah buku berjudul ‘Bersinar di Tengah Pandemi’. Berbagai hal dituliskan seperti detail prosedur penanganan pasien dan jenazah Covid, hingga kisah-kisah menggugah yang dialami sepanjang pandemi berlangsung.

Salah satu cerita yang juga sempat viral di media sosial beberapa bulan silam, turut dibukukan, yakni saat relawan MCCC Kauman membantu pemulasaraan jenazah Covid Kristen di Masjid Gede Kauman, hingga memakamkan seturut agama Kristen. Kisah tersebut muncul langsung dari Irfiandi Aziz, salah satu saksi hidup yang juga relawan MCCC Kauman.

Kisah itu terjadi pada bulan Juli 2021, tepat saat momentum Idul Adha. Saat itu, MCCC Kauman mendapat panggilan telpon bantuan pengambilan jenazah warga yang meninggal saat menjalani isolasi mandiri. Dengan dasar kemanusiaan dan gerak sosial, relawan MCCC Kauman membantu dengan ikhlas, menangani dari awal hingga akhir.

Ketika itu, Aziz menceritakan proses pengambilan jenazah berjalan seharian karena prosedur yang harus dijalani. Apalagi, saat itu bertepatan dengan momen Idul Adha yang cukup menyibukkan bagi umat Muslim.

“Saat Idul Adha saat itu momen puncak Covid. Ada jenazah yang meninggal jam 01.30, baru bisa ambil siang harinya, itu karena permintaan datang pada kami lewat salah satu anggota. Kami ambil di Tamansiswa Kidul, Jalan Sisingamangaraja. Kami sucikan secara agama mereka karena kebetulan non Muslim dari Kristen. Kita pulasarakan sesuai agamanya dan jam 23.00 WIB dikuburkan di Kuncen Baru,” ungkapnya dalam peluncuran buku di DPD RI DIY, Sabtu (20/11/2021).

BERITA REKOMENDASI