Komisi A DPRD DIY Buat 7 Rekomendasi Penanganan Covid, Ini Penjabarannya

YOGYA, KRJOGJA.com – DPRD DIY melalui Komisi A mengeluarkan tujuh rekomendasi percepatan penanganan Covid-19 usai melaksanakan rapat kerja dengan Pemda DIY, Senin (12/7/2021) kemarin. Rekomendasi dibuat untuk memaksimalkan penanganan sektor kesehatan dan sosial ekonomi bagi warga terdampak.

Tujuh rekomendasi disampaikan Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto melalui siaran tertulis pada wartawan, Selasa (13/7/2021). Berikut tujuh rekomendasi DPRD DIY untuk penanganan pandemi DIY :

  1. Membantu alat bagi operasi pencegahan, misal masker kain, alat semprot disinfektan, dan lain-lain berbasis Desa/Kelurahan. Pemkab Pemkot bisa berbasis Dusun/Dukuh/RW.
  2. Meningkatkan koordinasi dgn Polri, Kejaksaan TNI dan Kehakiman terkait Gakkum. Bisa dengan fasilitasi operasi bersama.
  3. Peningkatan dan penambahan layanan RS dan shelter serta bantuan bagi isoman baik obat maupun permakanan. Pemerintah kabupaten Bantul, Gunungkidul, Sleman, Kulonprogo dan pemkot Yogyakarta juga bisa berperan serta.
  4. Bantuan alat pelindung diri atau APD dan kelengkapan alat permakaman berbasis kecamatan. Pemkab pemkot bisa bantu berbasis desa/kelurahan. Serta memberikan anggaran operasional dan sarana prasarana bagi petugas permakaman.
  5. Bantuan sosial dimulai dengan pendataan dan penyelarasan baik yang bersumber data kemensos, dana desa dan lain-lain.
  6. Pemda DIY agar segera membantu menjamin pasokan oksigen ke rumah sakit.
  7. Pemda DIY perlu berikan perlindungan, termasuk asuransi bagi tenaga medis, para medik serta relawan.

Eko menyebut, rekomendasi dibuat untuk memastikan seluruh elemen yang bekerja di lapangan terlindungi. Di sisi lain, masyarakat terdampak juga harus mendapat perhatian dari pemerintah daerah agar tetap bisa bertahan di tengah situasi yang tak menentu saat ini

“Harapannya, warga yang sakit mendapat penanganan maksimal, termasuk untuk warga terdampak akibat penyakit Covid ini,” tandas dia. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI