Komisi C Dukung Peningkatan Sarana Pengolahan Sampah

YOGYA, KRJOGJA.com – Sampah dinilai berpotensi menjadi persoalan besar bagi wilayah perkotaan dengan lahan terbatas, termasuk Kota Yogya. Komisi C DPRD Kota Yogya pun mendukung upaya peningkatan sarana dan prasarana untuk pengolahan sampah.

Ketua Komisi C DPRD Kota Yogya Ririk Banowati Permatasari, mengungkapkan pengolahan sampah yang dimiliki Pemkot Yogya masih sangat minim. “Salah satu yang kapasitasnya agak besar hanya di sini, yakni TPS 3R Nitikan.Tetapi sampah yang dikelola hanya sebatas sampah organik berupa daun-daunan,” ujarnya di sela kunjungan lapangan, Kamis (9/6/2022).

Selain mengunjungi TPS 3R Nitikan Umbulharjo, rombongan Komisi C beserta unsur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogya juga meninjau dua lokasi lain. Yakni lahan di sebelah utara Balai Benih Ikan serta tempat pengolahan sampah di Karangmiri Giwangan. Lahan di sebelah utara Balai Benih Ikan tersebut rencananya akan difungsikan sebagai tempat pengolahan sampah dengan luas 3.244 meter persegi. Sedangkan yang di Karangmiri rencananya akan diperluas.

Ririk berharap, sarana pengolahan sampah bisa ditingkatkan. Hal ini agar ketergantungan Kota Yogya terhadap TPA Piyungan bisa diminimalisir sejak sekarang. Pasalnya, kapasitas TPA Piyungan sudah penuh sementara produksi sampah setiap tahun cenderung meningkat. “Kalau tidak diimbangi dengan upaya pengolahan yang terpadu, tentu akan menjadi persoalan besar. Apalagi di Kota Yogya sudah sangat terbatas lahan yang bisa dimanfaatkan,” urainya.

BERITA REKOMENDASI