Kompetisi Kraton Milea, SMKN 1 Sewon Bantul dan SMKN 6 Yogyakarta Juara 1

SLEMAN, KRJOGJA.com – Dinas Koperasi dan UKM DIY menggelar acara penutupan ajang Kompetisi Kreasi Kuliner Tradisional oleh Milenial Muda (Kraton Milea) bertema Strategi Pengembangan Kuliner Lokal dan Penguatan Spirit Enterprener oleh Millenial Muda. Acara berlangsung di Katering Sari Dewi Jalan Magelang Km 10, Josari, Tridadi, Sleman, Rabu (1/12/2021).

Pada acara penutupan diumumkan para pemenang kompetisi Kreasi Kuliner Tradisional. Sebagai Juara 1 olah kreasi ubi atau ketela yaitu SMKN 1 Sewon Bantul dengan skor 258. Disusul Juara 2 SMKN 3 Wonosari Gunungkidul dengan skor 246 disusul SMKN 1 Saptosari Gunungkidul demgan skor 245,25. Sedangkan untuk kategori olah kreasi tepung ketan Juara 1 diraih SMKN 6 Yogyakarta dengan skor 256, Juara 2 SMKN 2 Godean Sleman dengan skor 251,5 dan Juara 3 SMKN 1 Pandak Bantul dengan skor 247.

Selain itu pada penutupan ini juga digelar Talkshow menghadirkan KPH Poerbodiningrat (Tokoh Budayawan Yogyakarta), Anton Yanwar (Chef Profesional), Aprilia Ariesta (Wirausaha Kuliner Kepik Sawah) dan Retno Wulandari (Owner Kebun Kita).

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir Srie Nurkyatsiwi MMA, fokus sasaran kegiatan “Kraton Milea” ini adalah siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di wilayah DIY. Masing-masing sekolah SMK yang terpilih mengirimkan lima siswa-siswi sebagai peserta lomba.

“Mereka diharapkan mampu berkompetisi dalam olah menu tradisional,” sebut Siwi. Ia memaparkan, kolaborasi penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan dan dikoordinir Dinas Koperasi UKM DIY dengan menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga DIY, Dinas Pariwisata DIY, PHRI DIY, PT Bank BPD DIY, dan pihak lainnya.

BERITA REKOMENDASI