Konsep ‘River View’ Jadi Pedoman, Sungai Harus Tetap Terurus

YOGYA, KRJOGJA.com – Keberadaan tiga sungai besar yakni Gajah Wong, Code dan Winongo menjadi bagian yang tidak terpisahkan bagi ‘landmark’ Kota Yogya. Penataan yang selama ini menyasar bantaran sungai dinilai sudah cukup bagus, tapi masih menyisakan berbagai masukan agar kondisi sungai tetap terurus.

Ketua Pemerti Code Totok Pratopo mengungkapkan, pihaknya sudah kerap memberikan masukan terkait proses penataan wilayah. “Terutama di kawasan Kali Code yang menjadi pengamatan kami. Skema penataan yang sudah dilakukan cukup bagus. Bahkan mewakili unsur keistimewaan DIY dari sisi arsitektur maupun warna atau cat. Tapi tidak ada jalan atau akses untuk turun ke sungai di beberapa wilayah,” urainya usai menggelar susur sungai, Sabtu (27/2/2021).

Susur sungai di sepanjang Kali Code rutin digelar komunitas Pemerti Code lantaran menjadi paket wisata andalan sekaligus ajang Sekolah Sungai bagi mahasiswa. Kawasan bantaran yang terbangun jalan inspeksi untuk akses warga dan talut sebagai pengaman, semakin memudahkan aktivitas masyarakat. Harapannya perkampungan bantaran sungai semakin tertata dan terbebas dari kesan kumuh.

BERITA REKOMENDASI