Kontijensi Pandemi, Kondisi di Luar Perkiraan Harus Diantisipasi

Tidak hanya soal pemudik, Pemkot terutama gugus tugas juga harus memetakan risiko lain yang tidak diinginkan. Mulai dari ketersediaan ruang perawatan, tim medis berikut alat pelindung diri hingga kemampuan anggaran daerah. Berbagai pemetaan itu bisa disusun dalam kontijensi pandemi virus atau wabah penyakit agar pola penganan di waktu mendatang semakin baik.

“Gugus tugas saat ini sudah bagus. Seluruh wilayah juga sudah dilakukan penyemprotan disinfektan. Tapi ada satu hal, yakni anggaran sebesar Rp 6,5 miliar untuk tangani Covid-19 ini perlu dilaporkan penggunaannya ke dewan agar ada koordinasinya,” imbuhnya.

Dwi Saryono menambahkan gugus tugas yang ada di wilayah terutama kelurahan dan kecamatan, masih perlu ketegasan apakah bisa mengelola anggaran atau sekadar koordinatif. Apalagi saat ini sudah terjalin komunikasi yang cukup bagus dengan perangkat RT, RW, maupun tagana dan karangtaruna. Namun demikian, warga yang berada di tingkat bawah juga perlu ada edukasi mengenai pola bantuan yang disiapkan oleh pemerintah.

BERITA REKOMENDASI